MENGAWINKAN AYAM HUTAN HIJAU PART II

PENJODOHAN AYAM HUTAN HIJAU

Kemarin beberapa hari yang lalu saya sudah posting tentang pembuatan kandang penjodohan ayam hutan hijau dan pernah juga saya membahas tentang bagaimana menjodohkan ayam hutan hijau tapi masih banyak yang menanyakan lewat telepon.Maka kali ini saya akan kembali share bagaimana menjodohkan ayam hutan hijau yang ada hubunganya dengan kandang yang sudah saya posting kemarin.

Tanpa basa – basi panjang lagi mari kita pelajari bersama

Perlu shobat ketahui bagaimana ayam hutan hijau mau di kawinkan,baik dengan ayam hutan hijau betina ori,betina ayam kampung atau dengan ayam hias yang lainya.Mari kita amati:

  1. Pejantan ayam hutan hijau jantan harus sudah jinak minimal sudah tidak kelabakan jika dideketin manusia/sang perawat itu ayam hutan hijau tiap hari.
  2. Berbadan sehat dengan tanda tidak murung,malas atau nyengkruk alias sakit dan jika terlihat lesu maka segera kita identifikasi sebabnya : cacingan,pilek atau yang lainya
  3. Ayam hutan hijau yang  sehat dapat dilihat walau sekilas yaitu: bernafsu makan besar,bergerak lincah,berbulu halus/ramping,bermata bulat cerah/berbinar serta berbulu mengkilat.
  4. Sering berbunyi diawali ngekek/”kek,kek,kek…….cekikreh……”minimal pagi dan sore.
  5. Sering bersuara memanggil betina yang bersahutan.
  6. Usia minimal tujuh bulan keatas/mulai keluar jengger.

Urutan diatas jika sudah jelas berarti siap untuk kita kawinkan baik dengan yang ori maupun untuk membuat bekisar.CARANYA monggo lanjut bacanya..

CARA MENJODOHKAN

Nah yang kemarin sudah membuat kandang seperti gambar yang saya share mari di praktekan.

  • Masukan ayam hutan hijau jantan dan ayam hutan hijau betina pada ruanganya masing-masing kira-kira satu minggu.
  • Seteleh mereka mengenali dan terlihat nyaman dalam ruanganya kemudian kita mulai aksi selanjutnya.
  • Ayam hutan hijau melakukan perkawinan secara alaminya(naluri kawin yang kuat) terjadi pada pagi dan sore hari.jika terjadi perkawinan pada siang hari jarang membuahi(itu menurut pengalaman saya).
  • Setelah diberi makan dan dihabiskan pada pagi hari coba buka pintu sekat pada kandang.Biarkan berlangsung 15 menit saja sudah cukup.Apabila ayam hutan hijau jantan sudah birahi maka akan segera menyerang betina untuk dikawini/menghajarnaya baru di kawini.jika tidak maka segera giring ayam hutan hijau pada ruanganya masing-masing.
  • Perlu di ketahui ayam hutan hijau punya naluri mengalahkan sang betina sebelum di kawini.
  • Sore hari lakukan hal yang sama setelah diberi makan.jika sudah akrab juga jangan terus menerus di satukan tetap kadang di pisah kadang di satukan untuk menjaga puncak birahi pada masa peneluran jika sudah terjadi perkawinan.
  • Jika sudah terjadi perkawinan jangan di buka pintu sekatnya.kita tinggal menunggu 1 minggu maka sang betina akan bertelur,kemudian kita ambil telur tersebut dan kumpulkan untuk dieramkan pada mesin tetas/babon ayam kampung yang sedang mengeram.
  • dalam masa peneluran cukup 2 hari 1 kali di kawinkan.
  • Untuk intensifikasi peternakan setelah habis peneluran kita istirahatkan betina 1 bulan dan bisa diganti dengan induk lain dengan cara yang sama,
  • Untuk mendapatkan produk yang baik serta fertilitas yang tinggi sebaiknya pejantan jangan di forsir supaya awet.
  • cara tersebut juga bisa untuk mengambil semen pejantan ayam hutan hijau dengan cara/rekayasa tadah/wadah seperma pejantan pada kloaka betina untuk sistem IB

Demikian semoga bermanfaat,tak lupa salam terbaik buat para pecinta ayam hutan hijau dimanapun berada juga mohon maaf jika ada kurang kata/kurang lenkapnya karena itu hanya pengalaman pribadi yang perlu banyak tambahan dari para senior yang lainya.Terimakasih atas kunjunganya dan jangan lupa komentarnya.Untuk yang mau share ulang boleh copas ini artikel dengan tetap menyertakan linknya

2 Komentar to “MENGAWINKAN AYAM HUTAN HIJAU PART II”

  1. MANTAP MAS ………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: