Menjinakkan ayam hutan hijau versi 2

Salam damai dan sejahtera selalu buat sahabat-sahabat pecinta ayam hutan hijau dimanapun anda berada.Tak lupa salam hangat buat shobat – shobat PAHI ( Pelestarian Ayam Hutan Indonesia ) di semua regional.Sudah lama sekali saya tidak posting dan share tentang Ayam hutan hijau dan terimakasih sekali buat temein – temen tercinta yang tetap setia di telepon.
Menanggapi beberapa pertanyaan teman – teman tercinta yang sering di tanyakan dan itu merupakan indikator bagi saya tentang banyaknya para pecinta yang sangat peduli terhadap keberadaan Ayam hutan hijau serta kelestarianya.Rata – rata keluhan dari sekian banyak teman – teman yang di tanyakan pertama kalinya adalah bagaimana menjinakkan Ayam hutan hijau?.
Pada dasarnya Ayam hutan hijau memang bersifat liar serkalipun itu tetasan sendiri dan sangat tergantung bagaimana kita memahami sifat serta karakter si ayam juga bagaimana cara kita berinteraksi pada ayam tersebut.Jadi jelas bahwa penjinakan Ayam hutan hijau tangkapan dewasa sangat membutuhkan waktu lama dalam proses penjinakan tersebut dan dalam proses itu sangat banyak kemungkinan mati akibat setress atau tidak mau makan.
Diperlukan beberapa cara dalam beternak ayam hutan baik itu murni atau hanya sekedar klangenan ataupun mencetak bekisar dan dalam hal itu ada 3 cara menurut pengalaman pribadi saya,diantaranya :
1. Perawatan
2. Penjinakan
3. Penjodohan

Untuk perawatan Ayam hutan hijau sudah banyak saya posting sekalipun masih banyak kekurangan untuk itu bisa share langsung lewat telepon apabila kurang jelas,jadi untuk postingan kali ini saya hanya akan membahas tentang penjinakan Ayam hutan hijau saja.
Dalam trik menjinakkan Ayam hutan hijau kali ini merupakan trik ekstrim atau cara cepat menjinakkan Ayam hutan hijau secara alami akan tetapi semua bentuk instan tentunya akan ada efek tertentu atau bahkan resiko.Akan tetapi resiko tersebut dapat kita tolelir sebelum terjadi.Maka coba ikuti langkah – langkah dalam postingan kali ini.Disamping itu saya tidak merekomendasikan teknik ini untuk Ayam hutan hijau hasil tangkapan hutan dewasa karena kemungkinan gagal akan sangat besar , disamping itu penangkapan dari alam dengan tidak bijak akan semakin memperparah punahnya Ayam hutan hijau dan juga kecil kemungkinan Ayam hutan hijau tersebut dapat hidup lama ataupun dijinakkan hingga dapat bereproduksi.
Langsung saja , persiapan awal sebelum menjinakan Ayam hutan hijau memerlukan tempat serta trik :
A. Tempat
Tempat merupakan hal penting dalam mencapai tujuan penjinakan Ayam hutan hijau. Berdasarkan pengamatan pribadi bahwa Ayam hutan hijau memiliki sifat takut terhadap pijakan yang bergoyang – goyang maka kita harus membuat desain kandang yang mudah goyang saat Ayam hutan hijau kelabrakan nantinya.Maka yang perlu kita persiapkan :
1. Sangkar boleh bulat ( Sangkar bekisar ) Kotak,bebas kita punyanya yang mana.Yang terpenting sangkar berjeruji halus agar ayam tidak mudah luka dan sebaiknya menggunakan jeruji kayu atau bambu diameter atau ukuran ruang sangkar sesuaikan dengan ukuran ayam jangan terlalu longgar,jangan pula terlalu sempit.
2. Alas atap sangkar : berilah atap sangkar dengan busa,kain atau bentangan karung yang empuk silahkan mana yang anda pilih.Hal ini bertujuan dimana saat ayam kelabakan nanti kepala atau jengger tidak rusak membentur atap sangkar tersebut.
3. Setelah desain kandang selesai,kita beri atau ganti gantungan sangkar dengan tali yang lentur akan tetapi kuat sehingga apabila Ayam hutan hijau meronta – ronta gantungan tidak akan putus dan sangkar anda jatuh jatuh.

B. Proses penjinakan Ayam hutan hijau
Tahap selanjutnya dalam penjinakan ini setelah sangkar kita siapkan sedemikian rupa seperti penjelasan diatas kita mulai prosesnya : Tangkap Ayam hutan hijau dengan lembut,tidak menyakiti Ayam hutan hijau , serta membuat Ayam hutan hijau kita merasa kesakitan atau bahkan sampai rusak / cacat karena hal tersebut berakibat Ayam hutan hijau tidak suka bahkan tak mau atau enggan bersahabat dengan kita lagi dan itu membutuhkan waktu lama bagi Ayam hutan hijau mau berinteraksi dengan kita.
Setelah Ayam hutan hijau kita tangkap,kita masukkan Ayam hutan hijau tadi secara perlahan kemudian berikan pakan kesukaanya dalam wadah yang ada dalam sangkar penjinakan tadi.Usahakan saat memasukkan pakan si Ayam hutan hijau melihatnya.Jika sudah beres semua tempatkan sangkar di tempat agak sepi dan jangan digantang dulu supaya Ayam hutan hijau tau wadah pakan , ini kira – kira memerlukan waktu 3 hari , baru setelah semuanya berjalan lancar kita mulai trik ektrim kita :
• Buatlah tempat gantungan di tempat lalulalang keluarga kita misalnya jalan ke kamar mandi.
• Gantung sangkar dalam tempat tersebut sekitar setinggi perut kita.
*** Jangan panik jika pertama kali Ayam hutan hijau kita akan pontang panting , tenang saja asal kepala tidak mengelupas karena atapnya empuk.jangan takut pula apabila bulu rusak karena setiap beberapa bulan bulu akan berganti ( Ngurak ).Ini merupakan penjinakan sekaligus pelatihan mental si Ayam hutan hijau jadi nantinya akan menjadi Ayam hutan hijau pemberani terhadap semua orang bahkan banyak orang bahkan akan menjadi Ayam hutan hijau gantangan.Jangan justru Ayam hutan hijau liar diasingkan atau di krodong – krodong .

C. Penanganan Ayam hutan hijau selama penjinakan
Penjinakan Ayam hutan hijau kali ini hanya memerlukan waktu singkat dan dalam waktu seminggu sudah bisa kita lihat perbedaanya , namun dalam waktu penjinakan tersebut Ayam hutan hijau sering terjadi hal – hal yang tidak kita inginkan terutama sakit maka kita harus memperhatikan juga setiap perubahan juga antisipasi diantaranya :
 Ayam hutan hijau menjadi murung tiba – tiba .
 Ayam hutan hijau kurang nafsu makan.
 Ayam hutan hijau menjadi tidak bergerak lincah .
` Semua itu kerap terjadi dalam proses penjinakan dan pelatihan mental Ayam hutan hijau jadi langkah kita yang sangat penting adalah pencegahan sebelum terjadi karena pencegahan lebih mudah daripada mengobati.Dari 3 efek tersebut diatas sebenarnya sangat mudah kita lakukan dengan 1 cara yaitu pemberian obat – obat yang bisa kita beli di toko – toko pakan baik untuk pencegahan maupun pengobatan.caranya kita campurkan dalam pakan atau minum dengan dosis yang bijak.Untuk jenis obat maaf saya tidak posting disini gak enak ( Promo gratis he,he,he ). Silahkan telephon saya tetap setia untuk kelestarian Ayam hutan hijau.Jacky 081 215 699 698 ( No SMS ).

D. Pemberian pakan selama proses

Seperti pemeliharaan burung jika pakan di full atau nonstop maka Ayam hutan hijaupun akan merasa tidak sayang terhadap kita maka langkahnya pemberian pakan sebaiknya di pas saja atau habis sekali makan pagi dan sore . Untuk Ayam hutan hijau dewasa porsi 1 sloki sirup.

Demikian proses menjinakan Ayam hutan hijau yang dapat saya haturkan buat shobat semua dan ini sudah saya buktikan,mudah bukan…………..????.Selamat mencoba dan salam sukses selalu . saya tunggu informasi shobat dalam proses pelaksanaanya di nomor yang sudah saya tulis diatas.

7 Komentar to “Menjinakkan ayam hutan hijau versi 2”

  1. terimakasih gan informasi / trik nya

  2. saya mau tanya pak, waktu saya berburu tupai d hutan saya pernah menjumpai ayam, bulunya indah mahkota di kepalanya tidak bergerigi berwarna ungu kemerah2an. Bulu di lehernya berujung bulat seperti sisik ikan arwana, warnanya biru agak hijau mengkilap, ndak saya tembak cuma saya bidik pake teles doank sambil nikmatin indahnya tu ayam, di leher ada selaput warna kuning. Lain hari saya liat lagi ayam tapi ini lain, mahkotanya bergerigi warnanya merah. Bulu dilehernya agak memanjang tapi ujungnya tidak seruncing ayam pada umumnya, bulunya diominasi warna merah ke kuningan mengkilap lha ini yang ayam hutan hijau yang mana pak?

  3. Izin mempraktekan ya

  4. di mana saya membeli obat ayam hutan hijau supaya cepat jinak

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: